SMA Negeri 3 Pekalongan

Jalan Progo 28 Pekalongan

Telp. (0285) 421035 Fax. (0285)423846 Kota Pekalongan - Jawa Tengah

APEL PAGI Rabu 26 September 2018

Rabu, 26 September 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 101 Kali

APEL PAGI SENIN 24 SEPTEMBER 2018

 

PETUGAS:

Pembina Apel : Drs. Abdur Rozak (Kepala Sekolah)
Pemimpin Apel : Heri Sutrisno, M.Kom
Protokol : Sri Hartini, S.Pd
Pembaca Do'a : H. Kholidin, S.Pd

 

 AMANAT PEMBINA:

Assalamu alaikum wr. Wb.

Alhamdulillah,...

Ashsholatu wassalamu ala rosulillah wa ala alihi washobbihi wwa man walah, Amma ba’du.

 

Bapak ibu guru dan staf karyawan SMA Negeri 3 Pekalongan peserta apel yang saya hormati, dan senatiasa Allah berikan keberkahan,

Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas kenikmatan yang Allah berikan kepada kita semua.

Melalui mimbar dan forum yang penting ini saya sampaikan tentang seruan untuk saling mengingatkan saling memberi nasihat saling asah asih asuh  dengan kesabaran dan penuh hikmah.

…Watawa shoubil haq watawa shoubishobri.

Saling mengingatkan yang dimaksud tidak terbatas pada masalah orang yang lebih mengerti kepada  orang  yang belum mengerti. Sebab bisa jadi orang yg lebih mengerti  tapi belum mengamalkan apa yang ia mengerti maka kepada yang demikianpun memerlukan nasihat . Artinya kepada semuanya antara kita memiliki haq dan kewajiban untuk saling mengingatkan. Apalagi kita manusia  mengakui  bahwa manusia penuh dengan kelemahan yaitu manusia tempatnya salah dan lupa.

Terkait dengan tanggung jawab saling mengingatkan maka pagi ini saya sampaikan hal berikut. Kita sebagai guru memiliki tanggung jawab terhadap persoalan pendidikan. Persoalan pendidikan sungguh banyak dan kompleks. Salah satunya adalah bisa jadi masalah itu justru datang dari kita yang memberi   kontribusi.  Maka sudah seharusnya kita sebagai guru menjadi bagian dari pelaku dan pemberi  solusi dari masalah pendidikan.

Peserta apel pagi yang dirahmati Allah SWT,…

Beberapa isu masalah pendidikan yang sempat saya kemukakan adalah kita sukses dalam schooling namun belum sukses dalam learning, yakni:

  • Siswa belum sebenar-benarnya belajar

Belajar adalah usaha sadar dan seterusnya…

Sudahkah siswa kita melakukan tindakan belajar di sekolah sebagaimana definisi belajar dia atas?  Rasanya harus kita akui belum banget! Tanggung jawab siapa ini jika kondisinya demikian? Kita semua! Siapa yang paling bertanggung jawab? Seluruh stake holder sesuai dengan kadar dan porsinya.